Sabtu, 14 Agustus 2010

BERUBAHLAH AGAR KAU SEMAKIN CANTIK SEPERTI KUPU-KUPU

MENGUBAH HIDUP DAN KEMAJUAN DIRI
Lihatlah kupu-kupu, terutama yang memiliki sayap yang indah, bentuk awalnya tentu bukanlah demikian. Tadinya, dia hanyalah seekor telur yang berubah menjadi ulat kemudian menguatkan diri di dalam kepompong, dan terus bermetamorfosis hingga menjadi seekor kupu-kupu yang dapat terbang dengan kepakan sayapnya yang indah, sampai-sampai bungapun rela dihisap madunya.

Saat berbentuk ulat dan kepompong tidak banyak orang yang meliriknya, apalagi untuk menyentuhnya orang akan jijik untuk melakukannya. Tetapi saat sudah berubah menjadi kupu-kupu yang indah banyak orang yang tertarik untuk menyentuhnya.

Terlepas dari siklus alamiah seekor kupu-kupu, peubahan bentuk membuatnya bertahan hidup hingga memiliki daya pikat tersendiri. Andai saja kepompong tidak berubah wujud, dia akan tetap terlihat buruk dan ujungnya dia akan mati bersama keburukannya. Kalau tidak berubah secara berkelanjutan, suatu saat tidak akan jadi apa-apa.

Demikian juga manusia, bila tidak mengubah diri terus menerus, tidak akan mencapai kemajuan apapun. "Perubahan adalah kata kunci kalau ingin memperbaiki diri". Secara ekstrem, bahkan ada kalimat bijak yang mengatakan, "berubah atau Mati".

Pesannya cuma satu, kalau ingin mengubah hidup, kita harus lebih dahulu mengubah diri. Dan kalau ingin mengubah diri, mantapkan dahulu persepsi kita tentang perubahan itu.

"Hanya kita sendiri yang dapat mengubah hidup kita. Orang lain tidak akan dapat melakukannya untuk kita" (Carol Burnet).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar