Sabtu, 14 Agustus 2010

SELALU ADA HARAPAN

Dalam hidup, setiap orang selalu mempunyai harapan. Tapi sayangnya, tidak semua orang betul-betul mengerti bagaimana hakikat pencapaian harapan tersebut. Harapan dibangun di atas mimpi dan cita-cita. Tekad, disiplin, maupun kerja keras, adalah hal yang sangat mendasarinya. "Kalau ingin memperjuangkan suatu cita-cita, kita harus punya tekad sekuat baja, begitu kata orang tua". Tekad tidak boleh kendur ataupun melemah hanya karena kegagalan yang dialami berkali-kali. Bukankah ada sebuah kata bijak yang menyebutkan, "Di balik kegagalan sebenarnya tersimpan jalan menuju keberhasilan".

Disiplin adalah sikap diri yang selalu menopang tekad dalam mewujudkan cita-cita dan harapan. Tanpa disiplin, harapan tinggalah harapan. Demikian juga kerja keras, merupakan proses nyata yang lahir dari sebuah kedisiplinan. Jadi, demi membentuk pola kerja keras yang konsisten, selamilah dahulu makna kedisiplinan.

Intinya, selama kita mempunyai tekad, disiplin, dan benar-benar bekerja keras, berharaplah sebanyak mungkin, tetapi dengan harapan yang terukur. "Kita jangan berharap akan mendapatkan ikan yang besar dan berlimpah,  jika kita hanya pergi mencari ikan ke sungai kecil". 

Harapan tidak datang dari keberuntungan semata atau belas kasih orang lain, melainkan dari tangan kita sendiri. bertekadlah, disiplinkan tekad itu, dan wujudkan dalam bentuk kerja keras. 

Jika saat ini kita sudah memiliki tekad yang kuat dan memupuk kedisiplinan untuk mencapai sebuah harapan, tetapi kita merasa belum juga mencapainya. Maka, bersabarlah, dan jangan patahkan tekad, semangat dan disiplin kita, karena Tuhan tidak tuli dan buta untuk mendengar dan melihat semua yang kita harapkan. Tuhan sebenarnya sudah merancang sebuah kesuksesan untuk hambaNya, hanya saja kita tidak mengetahui kapan tiba saatnya. Jadi bersabarlah dan terus semangat, semoga terwujud apa yang kita cita-citakan.

"Semua impian kita bisa menjadi kenyataan, jika kita memiliki keberanian untuk mewujudkannya". (Walt Disney)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar